Mengenal Jenis Hingga Kelebihan Hebel Bangunan yang Sedang Populer di Dunia Konstruksi

Anda sedang mencari informasi lengkap mengenai hebel bangunan? Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui berbagai informasi seputar bata hebel. Mulai dari jenis, ukuran, hingga berbagai kelebihan bata hebel.

Apa Itu Hebel Bangunan?

Dalam membangun atau merenovasi rumah, tentu Anda membutuhkan berbagai material yang berkualitas. Terdapat banyak jenis material yang diperlukan untuk membuat sebuah bangunan. Sebut saja seperti salah satu material yang paling banyak digunakan yaitu pasir bangunan hingga penggunaan bata hebel untuk membuat dinding pada bangunan.

Umumnya, pada konstruksi bangunan sebagian besar orang menggunakan bata merah sebagai material untuk membuat dinding. Namun saat ini tidak sedikit pula dari mereka yang juga mulai meminati penggunaan bata hebel. Tapi sebenarnya apa sih itu bata hebel itu?

Bagi Anda yang masih asing, bata hebel atau banyak orang menyebutnya dengan istilah bata ringan merupakan material untuk bangunan yang memiliki bobot ringan berwarna putih yang terbuat dari campuran pasir silika, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan aluminium pasta.

Bahan hebel bangunan tersebut kemudian dicetak sesuai ukuran dan dipanaskan dengan mesin autoclave pada suhu dan waktu yang telah ditentukan. Mesin ini bermanfaat untuk mengeringkan dan membuat adonan menjadi matang, sehingga terbentuk bata hebel yang diinginkan. 

Mengenal bata hebel pada konstruksi, Sumber: semenmerahputih.com
Mengenal bata hebel pada konstruksi, Sumber: semenmerahputih.com

Mengenal Jenis-Jenis Bata Hebel pada Bangunan

1. Jenis Hebel AAC

Bata hebel AAC merupakan beton seluler yang gelembung udaranya terbentuk dari reaksi kimia. Salah satu materialnya yaitu aluminium pasta digunakan sebagai bahan pengembang atau pengisi udara secara kimia. Aluminium pasta banyak dipilih karena handlingnya yang mudah dan ramah lingkungan.

Pada proses pembuatannya, bata ringan bangunan jenis AAC menggunakan peralatan sederhana di industri rumahan. Bata hebel AAC memiliki warna putih dengan bobot yang cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan bata hebel CLC.

2. Jenis Hebel CLC

Jenis bata hebel yang kedua adalah jenis hebel CLC. Bata hebel CLC merupakan beton konvensional yang mengganti material kerikil dengan gelembung udara. Proses pembuatannya menggunakan busa organik yang kurang stabil, sehingga tidak ada reaksi kimia saat proses pencampurannya.

Jenis hebel CLC memiliki warna abu-abu karena material yang digunakan adalah jenis pasir sungai atau pasir tambang. Proses pembuatan hebel CLC menggunakan peralatan yang canggih dan modern sehingga menghasilkan kualitas yang baik. Namun jika dibandingkan dengan hebel AAC, hebel CLC memiliki bobot yang lebih berat.

Berbagai Ukuran Hebel Bangunan

Selain jenis hebel bangunan, ukuran bata hebel juga cukup bervariasi. Setidaknya di pasaran terdapat 5 ukuran bata ringan untuk bangunan. Namun tentunya sebelum memutuskan untuk memilih bata hebel, akan lebih baik jika Anda menghitung kebutuhan hebel yang diperlukan terlebih dahulu.

Perhitungan tersebut perlu dilakukan agar Anda memiliki gambaran seberapa banyak hebel yang diperlukan untuk pembangunan rumah Anda. Adapun beberapa ukuran hebel yang dijual di pasaran, diantaranya sebagai berikut:  

  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 7.5 cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 10 cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 12,5 cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 15 cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 20 cm.
Bata hebel untuk konstruksi, Sumber: kompas.com
Bata hebel untuk konstruksi, Sumber: kompas.com

Apa Saja Kelebihan Bata Hebel?

Bata ringan vs bata merah, manakah yang lebih baik? Tentu kedua material tersebut tidak bisa dibandingkan karena memiliki keunggulan masing-masing. Mungkin jika dibandingkan dengan bata merah, harga hebel bangunan tergolong lebih mahal.

Namun hal tersebut sebanding dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bata hebel. Nah, apa saja kelebihan dari bata hebel? Berikut ulasannya.

1. Memiliki Bobot yang Ringan

Keunggulan paling menonjol dari hebel bangunan adalah bobotnya yang ringan. Memiliki bobot yang ringan dapat memudahkan tukang bangunan untuk memasangnya, terutama pada bagian atas bangunan.

Apabila material yang digunakan berat maka proses mobilisasi material dari bawah ke atas juga akan memakan waktu yang lebih lama. Namun ketika bobot yang dimiliki ringan otomatis proses pemasangan bata ringan pada bangunan juga akan lebih cepat selesai. 

2. Bentuk yang Seragam dan Simetris

Keunggulan lainnya dari bata hebel adalah memiliki bentuk yang sama atau seragam. Hal ini karena bata ringan berasal dari cetakan mesin, jadi ukuran dan bentuk bata hebel sama dan rapi. Sehingga kecil kemungkinannya jika ditemukan bata hebel dengan ukuran dan bentuk yang berbeda.

Selain itu, proses cetakan menggunakan mesin juga membuat bata hebel memiliki sisi yang simetris dan permukaan yang lebih rata dan halus. Tentunya hal ini lebih menguntungkan karena dengan begitu proses pemasangan bata hebel untuk konstruksi bangunan juga akan lebih mudah dan cepat.

3. Finishing yang Lebih Mudah

Proses pemasangan yang mudah dan cepat juga akan berpengaruh terhadap proses akhir atau finishing yang dilakukan. Dengan tekstur permukaan yang rata dan halus, membuat bata ringan tidak sulit ketika di finishing.

Selain itu, bata hebel juga tidak memerlukan pelapis yang tebal pada permukaannya. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membeli semen atau pelapis untuk memasang bata hebel.

4. Memiliki Ketahanan yang Kuat

Meskipun memiliki bobot yang ringan, namun bata hebel tidak bisa diragukan ketahanannya. Hal ini tentunya terjadi karena bata ringan terbuat dari berbagai material penyusun yang baik, salah satunya adalah semen. Semen merupakan perekat paling baik, sehingga bata hebel memiliki ketahanan yang lebih kuat.

5. Insulator Suhu yang Baik

Kelebihan bata hebel yang terakhir adalah sebagai insulator suhu yang baik. Insulator disini berarti penyekat atau penghambat panas. Pori-pori yang dimiliki oleh bata hebel mampu menyerap panas dari luar bangunan. Sehingga suhu di dalam ruangan akan tetap sejuk dan tidak terlalu panas ketika menggunakan hebel sebagai dinding bangunan.

Keunggulan bata hebel, Sumber: havenkontraktor.com
Keunggulan bata hebel, Sumber: havenkontraktor.com

Itu dia sedikit informasi mengenai hebel bangunan yang saat ini diminati oleh banyak orang sebagai salah satu material untuk pembangunan atau renovasi rumah. Semoga berbagai informasi tadi dapat bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang akan membangun rumah.

Bagikan ke sosial media Anda :
× Chat via WhatsApp!